Kamis, 03 Januari 2013

Keadaan Iklim di Montana

Montana adalah sebuah negara besar dengan variasi yang cukup besar dalam geografi, dan iklim adalah, oleh karena itu, juga bervariasi. Negara membentang dari 'bawah' paralel ke-45 (garis tengah antara khatulistiwa dan kutub utara) ke paralel ke-49, dan ketinggian berkisar dari di bawah 2.000 kaki (610 m) menjadi hampir 13.000 kaki (4.000 m) di atas permukaan laut. Bagian barat merupakan pegunungan, lembah besar yang terganggu oleh banyak. Montana Timur terdiri dari dataran tandus dan, rusak oleh bukit-bukit dan pegunungan terisolasi, dan memiliki semi-kering, iklim kontinental (Köppen klasifikasi iklim BSK). The Continental Divide berjalan utara-selatan melalui babak pegunungan barat, dan memiliki efek yang besar pada iklim. Ini membatasi aliran udara hangat dari Pasifik dari timur bergerak, dan dingin, barat bergerak kering benua. Barat membagi, iklim digambarkan sebagai iklim dimodifikasi Pacific utara pantai, dengan musim dingin ringan, musim panas dingin, angin kurang, dan musim tumbuh lebih lama. Di musim dingin, kabut lembah dan awan rendah sering terbentuk. Di barat lembah membagi, tapi ini jarang terlihat di timur.

Suhu siang hari rata-rata bervariasi dari 28 ° F (-2 ° C) pada bulan Januari sampai 84,5 ° F (29,2 ° C) pada bulan Juli. Variasi dalam geografi menyebabkan variasi besar dalam temperatur. Cuaca panas terjadi di dataran timur pada kesempatan, yang tertinggi diamati menjadi 117 ° F (47 ° C) di Glendive pada 20 Juli 1893, dan Kedokteran Danau pada tanggal 5 Juli 1937. Sepanjang negara, malam musim panas umumnya sejuk dan menyenangkan. Suhu menurun dengan meningkatnya ketinggian, dan cuaca sangat panas relatif tidak dikenal di atas 4.000 ft (1.200 m). Snowfall tidak diketahui dalam setiap bulan tahun di bagian Montana, yaitu di daerah yang lebih pegunungan tengah & barat Montana, namun jarang pada bulan Juli dan Agustus.

Suhu terdingin pada catatan untuk Montana juga suhu terdingin bagi AS berdekatan seluruh Pada tanggal 20 Januari 1954 -70 ° F (-57 ° C) tercatat di sebuah kamp pertambangan emas di dekat Rogers Pass. Suhu bervariasi pada malam yang dingin tersebut, dan Helena, 40 mil (64 km) di tenggara memiliki rendah hanya -36 ° F (-38 ° C). [16] Musim Dingin mantra dingin terakhir seminggu atau lebih, dan biasanya merupakan hasil dari benua dingin udara yang datang selatan dari Kanada. Bagian depan sering didefinisikan dengan baik, menyebabkan penurunan suhu yang besar dalam periode 24-jam. Sebaliknya, aliran udara dari hasil barat daya di "Chinooks". Ini mph 25-50 stabil (atau lebih) angin tiba-tiba dapat menghangatkan bagian Montana, terutama daerah hanya untuk di sebelah timur pegunungan, di mana suhu kadang-kadang naik sampai 50 ° F (10 ° C) - 60 ° F (15 ° C ).

Loma, Montana adalah lokasi dari perubahan suhu paling ekstrem tercatat dalam periode 24-jam di Amerika Serikat. Pada tanggal 15 Januari 1972, suhu meningkat dari -54 ° F (-48 ° C) sampai 49 ° F (9 ° C).

Curah hujan tahunan rata-rata 15 inci (380 mm), tetapi variasi yang besar terlihat. Gunung berkisar memblokir udara lembab Pasifik, memegang kelembaban di lembah barat, dan menciptakan bayangan hujan ke timur. Heron, di barat, menerima curah hujan yang paling, 34.70 inci (881 mm). Di sisi (bawah angin) timur pegunungan, lembah-lembah yang lebih kering, rata-rata Lonepine 11,45 inci (291 mm), dan Deer Lodge 11.00 inci (279 mm) dari curah hujan. Gunung-gunung itu sendiri dapat menerima lebih dari 100 inci (2.500 mm), misalnya Glacier Grinnell di Glacier National Park mendapat 105 inci (2.700 mm). Mungkin terkering adalah barat daya daerah Belfry yang rata-rata hanya 6,59 inci (167 mm ) selama periode enam belas tahun. Sebagian besar kota-kota besar mendapatkan 30 sampai 50 inci (760 sampai 1.300 mm) dari salju setiap tahun. Gunung berkisar sendiri dapat mengumpulkan 300 inci (7.600 mm) dari salju selama musim dingin. Badai salju yang berat dapat terjadi pada awal September atau hingga akhir Mei, meskipun sebagian besar salju turun dari bulan November sampai Maret.

Iklim telah menjadi lebih hangat di Montana dan terus melakukannya.  Gletser di Glacier National Park telah surut dan diperkirakan akan mencair sepenuhnya dalam beberapa dekade. Banyak Montana kota rekor panas selama bulan Juli 2007, bulan terpanas yang pernah tercatat di Montana. Winters yang hangat, juga, dan memiliki mantra dingin sedikit. Sebelumnya mantra ini dingin telah membunuh kumbang kulit kayu yang sekarang menyerang hutan barat Montana. Kombinasi hangat, serangan cuaca oleh kumbang, dan salah urus selama tahun-tahun terakhir ini telah menyebabkan peningkatan yang substansial dalam tingkat keparahan kebakaran hutan di Montana. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan untuk US Environmental Protection Agency oleh Harvard School Teknik dan Sains Terapan, bagian Montana akan mengalami peningkatan 200% di daerah dibakar oleh kebakaran Wildland, dan 80% peningkatan polusi udara dari api itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar