Kamis, 03 Januari 2013

Geografi dan Topografi Montana

Dengan lahan seluas 147.046 mil persegi (380.850 km2), Montana adalah sedikit lebih besar dari Jepang dan sedikit lebih kecil dari Paraguay. Ini adalah negara terbesar keempat di Amerika Serikat (setelah Alaska, Texas, dan California), negara terkurung daratan terbesar AS, dan terbesar ke-56 nasional subdivisi negara bagian / provinsi di dunia. Di sebelah utara, Montana saham suatu 545-mil (877 km) perbatasan dengan tiga provinsi Kanada: British Columbia, Alberta, Saskatchewan dan. Di sebelah timur, berbatasan dengan negara North Dakota dan South Dakota. Di selatan kebohongan Wyoming dan ke barat dan barat daya adalah Idaho.

Topografi negara yang beragam dan kasar didefinisikan oleh Continental Divide, yang berjalan pada garis diagonal perkiraan melalui negara dari barat laut ke selatan-tengah, membelah menjadi dua wilayah timur dan barat yang berbeda. Montana terkenal wilayah pegunungan barat, yang sebagian besar merupakan geologis dan geografis bagian dari Pegunungan Rocky Utara. Rentang Absaroka dan Beartooth di selatan secara teknis bagian dari Pegunungan Rocky Tengah. Sekitar 60% dari negara adalah padang rumput, bagian dari Great Plains utara. Meskipun demikian, bahkan timur dari Continental Divide dan Front Rocky Mountain, ada sejumlah terisolasi "berkisar pulau" yang titik pemandangan padang rumput. Ini wilayah jangkauan meliputi sebagian besar Pulau ketiga pusat negara.

The Bitterroot Pegunungan-salah satu rentang terpanjang terus menerus dalam rantai gunung seluruh Rocky dari Alaska ke Meksiko-membagi negara dari Idaho ke barat, dengan sepertiga selatan dari pencampuran berbagai ke Continental Divide. Gunung berkisar antara Bitterroots dan atas Continental Divide termasuk Pegunungan Kabinet, Range Anaconda (informal disebut "Pintlars"), Misi, Range Garnet, Pegunungan Sapphire, dan Flint Rentang Creek.

Bagian utara Divide, di mana pegunungan memberikan cara cepat untuk padang rumput, yang dikenal secara kolektif sebagai Front Rocky Mountain. Bagian depan yang paling menonjol di Range Lewis, yang terletak terutama di Glacier National Park. Karena konfigurasi pegunungan di Glacier National Park, Divide Utara (yang dimulai di Alaska Seward Semenanjung) melintasi daerah ini dan ternyata timur di Montana di Puncak Divide Triple. Hal ini menyebabkan Sungai Waterton, Belly, dan Mary Saint sungai mengalir ke utara Alberta, Kanada. Di sana mereka bergabung dengan Sungai Saskatchewan, yang akhirnya bermuara di Teluk Hudson.

Timur membagi, rentang beberapa paralel berbaris di bagian selatan negara, termasuk Range Gravelly, Akar Tembakau, Range Madison, Rentang Gallatin, Big Belt Pegunungan, Pegunungan Bridger, Absaroka Pegunungan, dan Pegunungan Beartooth. Dataran Tinggi Beartooth adalah daratan terbesar terus menerus lebih dari 10.000 kaki (3.000 m) tinggi di daratan Amerika Serikat. Ini berisi titik tertinggi di negara bagian, Granite Peak, 12.799 kaki (3.901 m) tinggi.

Antara pegunungan lembah yang indah banyak, kaya akan sumber daya pertanian dan sungai, dan memiliki beberapa peluang untuk pariwisata dan rekreasi. Di antara wilayah yang paling terkenal adalah Lubang Big Valley, Bitterroot Valley, Lembah Gallatin, Flathead Valley, dan Paradise Valley.

Timur dan utara dari zona transisi yang luas, Plains Utara jarang penduduknya, dengan padang rumput dataran bergulir, "pulau" pegunungan, dan pemandangan badlands memperluas ke Dakota dan Wyoming, serta Alberta dan Saskatchewan, Kanada. Rentang pulau terpencil timur dari Divide meliputi Pegunungan Bear Paw tersebut, Pegunungan Castle, Pegunungan Gila, Highwood Pegunungan, Judith Mountains, Pegunungan Belt Little Rocky Mountains Little Snowy Mountains, Hills Sweet Grass, Pegunungan Bull, yang Pryor Pegunungan selatan dari Billings , dan-di sudut tenggara negara dekat Ekalaka-the Pines panjang.

Wilayah di timur kesenjangan di bagian utara-tengah negara ini dikenal untuk Breaks Missouri dan formasi batuan yang signifikan. Tiga buttes megah selatan dari Great Falls merupakan landmark akrab. Ketiga: Square, Shaw, dan buttes Crown, terbuat dari batuan beku, yang padat dan telah bertahan selama bertahun-tahun pelapukan. Permukaan yang mendasari terdiri dari serpih. Banyak daerah sekitar ini buttes ditutupi dengan permukaan tanah liat, yang telah berasal dari pelapukan dari Formasi Colorado. Lebih jauh ke timur, bidang-bidang seperti Makoshika State Park di dekat Glendive dan Kedokteran Rocks State Park dekat Ekalaka juga menyoroti beberapa daerah tandus yang paling indah di negara bagian.

Hell Creek Formation merupakan sumber utama dari fosil dinosaurus. Paleontolog Jack Horner, dari Museum of the Rockies di Bozeman, membawa formasi ini menjadi perhatian dunia dengan menemukan beberapa besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar