Kamis, 03 Januari 2013

Hewan Tumbuhan dan Sungai di Montana

Vegetasi negara termasuk lodgepole pinus, pinus ponderosa, douglas fir, larch, pohon cemara, aspen, birch, cedar merah, hemlock, abu, alder, maple berbatu gunung dan pohon cottonwood. Hutan mencakup sekitar 25 persen dari negara. Bunga asli Montana meliputi aster, bitterroots, aster, bunga lupin, poppy, bunga mawar, columbine, lili, anggrek, dan dryad. Beberapa spesies dari semak-semak dan kaktus dan banyak spesies rumput yang umum. Banyak spesies dari jamur dan lumut juga ditemukan di negara bagian.

Montana adalah rumah bagi beragam fauna yang mencakup 15 amfibi, 85 ikan, 110 mamalia, 17 reptil, dan 420 jenis burung. Selain itu., Terdapat lebih dari 10.000 spesies invertebrata, termasuk 180 moluska dan krustasea 30. Montana memiliki populasi terbesar beruang grizzly di 48 negara bagian.

Montana juga mengandung banyak sungai, banyak yang dikenal untuk memancing "pita biru" trout, sementara juga menyediakan sebagian besar air yang dibutuhkan oleh warga negara, dan tenaga air. Montana adalah salah satu dari beberapa wilayah geografis di dunia yang membentuk sungai bagian dari tiga daerah aliran sungai utama (yaitu di mana dua benua membagi berpotongan). Sungai yang memberi makan Samudera Pasifik, Teluk Meksiko, dan Hudson Bay, dan daerah aliran sungai dibagi atas Puncak Divide Triple di Glacier National Park.

Barat membagi, garpu Clark dari Columbia (tidak harus bingung dengan Fork Clarks dari Sungai Yellowstone) terbit di Pegunungan Rocky dekat Butte dan mengalir ke barat laut Missoula, di mana ia bergabung dengan Sungai Blackfoot dan Bitterroot River, dan hilir oleh Sungai Flathead, sebelum memasuki Idaho dekat Danau Pend Oreille, keluar dengan Sungai Oreille Pend yang mengalir ke barat, lalu ke utara melalui Washington ke Kanada. Hanya melintasi perbatasan, memenuhi Sungai Columbia, yang mengalir ke Samudera Pasifik. Pembuangan Fork Clark volume terbesar dari air sungai yang keluar setiap negara. Sungai-sungai Flathead dan Kootenai juga menguras bagian utama dari bagian barat negara.

Timur membagi, Missouri Sungai-dibentuk oleh pertemuan dari Jefferson, Madison, dan Gallatin sungai-melintasi bagian tengah negara, mengalir melalui istirahat Missouri dan masuk North Dakota. Sungai Yellowstone naik di Yellowstone Park di Wyoming, mengalir ke utara ke Livingston, Montana, di mana ia kemudian berubah timur dan mengalir melalui Billings, melanjutkan seluruh negara sampai bergabung dengan Sungai Missouri beberapa mil timur dari batas North Dakota. Sungai Yellowstone adalah undammed terpanjang, bebas-mengalir sungai di Amerika Serikat berdekatan.

Utama lainnya Montana anak sungai dari Missouri termasuk Susu, Marias, lidah, dan sungai Musselshell. Montana mengklaim judul yang disengketakan memiliki "sungai terpendek di dunia," Sungai Roe, di luar Great Falls, Montana. Melalui Missouri, sungai-sungai ini akhirnya bergabung dengan Sungai Mississippi dan mengalir ke Teluk Meksiko.

The Divide Utara ternyata timur di Montana di Puncak Divide Triple. Hal ini menyebabkan Sungai Waterton, Belly, dan Mary Saint sungai mengalir ke utara Alberta, Kanada. Di sana mereka bergabung dengan Sungai Saskatchewan, yang akhirnya bermuara di Teluk Hudson.

Selain sungai, negara adalah rumah bagi Flathead Lake, alam terbesar air tawar danau di bagian barat Amerika Serikat. Buatan sungai waduk dot Montana, yang terbesar adalah Fort Peck Reservoir, di Sungai Missouri, terkandung oleh tambak terbesar di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar